Air telah menjadi unsur yang penting dalam kehidupan manusia. Seluruh aktivitas manusia tidak lepas dengan peran air ini. Mulai dari aktivitas rumah tangga, industri, dan bahkan pengairan. Dari banyaknya kebutuhan air yang harus dikeluarkan inilah, maka perlu adanya upaya pengaturan & peningkatan daya guna air dalam kehidupan. Di dalam sistem pengairan salah satunya, terdapat pembuatan irigasi dan bendungan pengendali banjir.

Di Indonesia sendiri sistem pengairan irigasi telah menjadi salah satu cara untuk mengairi lahan pertanian. Jika persediaan air melimpah karena tempat yang dekat dengan sungai atau sumber mata air, maka irigasi dilakukan dengan mengalirkan air tersebut ke lahan pertanian. Dari sinilah pintu air dibutuhkan untuk mengatur debit air yang keluar dari bendungan dan yang menuju ke lahan pertanian. Karena melalui proses gravitasi, tanah yang tinggi akan mendapat air lebih dahulu.

Fungsi pintu air juga salah satunya membagi saluran primer dari bendungan menjadi 3 saluran sekunder, dan hal ini hanya ada pada saluran primer yang cukup besar. Untuk sistem irigasi dengan tekanan air yang kecil maka yang dibutuhkan juga pintu air yang kecil pula. Pintu air ini masih manual, sehingga masih membutuhkan tenaga manusia untuk membuka dan menutup serta mengatur debit air yang keluar untuk mengairi area persawahan.

Dari kebutuhan-kebutuhan yang ada dalam sistem pengairan itulah, kami telah menyediakan produk berbagai jenis pintu air yang siap membantu sistem pengairan anda.