Sungai adalah aliran air tawar dari sumber alamiah yang mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah dan menuju atau bermuara ke sungai yang lebih besar, danau, dan laut. Dengan pengelolaan yang benar dan tepat, sebuah sungai maupun anak sungai bisa menjadi kawan yang memberi manfaat besar bagi kehidupan manusia. Salah satu manfaat terbesar sebuah sungai yaitu sebagai irigasi pertanian hingga dijadikan objek wisata.

Baca juga: Pentingnya Sistem Irigasi dengan Pintu Air

Namun apabila salah dalam pengelolaannya, sungai bukan hanya mengairi dan membelah suatu wilayah, tetapi juga dapat membanjiri daerah sekitarnya. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai dan pendangkalan sungai menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir. Banyak daerah di Indonesia sudah akrab dengan banjir yang tentunya hal ini menyebabkan kerugian.

Untuk itu, membangun rumah pompa sekaligus pintu air sangat diperlukan untuk pengendalian keluar masuk air, sehingga banjir bisa dicegah. Pintu air sendiri merupakan bangunan penunjang pada suatu bendungan. Pada umumnya pintu ini digunakan untuk mengontrol aliran air di sungai atau pada tanggul. Pintu air dapat diatur dan difungsikan untuk mengatur air di sungai, bendungan irigasi, bendungan penahan banjir, maupun di tanggul sungai. Bila terjadi banjir, air dikuras dengan cepat dan bila sedang kemarau, air sungai tetap tinggi.

Maka dari itu, Raja Pintu Air selalu siap memberikan solusi dalam mengantisipasi banjir atau sebaliknya (kekeringan air) dengan pintu air atau dapat disebut pintu anti banjir sungai.